Project Konstruksi Rumah di Menteng Makan Jalan Public, Ini Resikonya Menurut Ahli

Project Konstruksi Rumah di Menteng Makan Jalan Public, Ini Resikonya Menurut Ahli. Pemerhati perkotaan dari Rujak Center for Urban Studies, Elisa Sutanudjaja, menghimbau supaya arsitek atau kontraktor memerhatikan sarana public saat lakukan project pembangunan. Ini berkaca pada kasus sangkaan penyerobotan jalan dalam pembuatan rumah di Menteng, Jakarta Pusat.¬†Bukanlah justru kami-kami yang perlu tolerir sama mereka, donk,” kata Elisa melalui pesan WhatsApp pada Jumat, 29 Desember 2023.

Belakangan ini, Elisa memberikan laporan konstruksi project rumah yang dia anggap menyalahi dan menyerobot jalan melalui program Cepat Tanggapan Warga (CRM). Bangunan itu berada di Jalan Purworejo Nomor 8, Menteng, Jakarta Pusat.

Bangunan sisi belakang itu diketahui menyerobot jalanan sepanjang 25 mtr. dengan lebar 50 cm. “Mungkin kesannya cuma 50 cm, tetapi itu terang merepotkan, khususnya untuk kami yang membangun rumah, di mana mobil bak sering bolak-balik membawa material dan ROW (right of way) jalan semakin kecil,” kata Elisa.

Menurutnya, beberapa kasus seperti pada atas banyak terjadi. Dia menerangkan modus yang dipakai dimulai dari perlakuan ambil tempat sedikit-sedikit. Tetapi, karena tidak ada yang menyapa atau mungkin tidak ada perlakuan dari pemerintahan, karena itu semakin lama didiamkan dan menjadi tetap.

Dia sayangkan atas ketidakjelasan masyarakat masalah ketentuan bangunan gedung, ROW, sampai beberapa fungsi utilitas perkotaan. Karena itu, warga seringkali jadi korban karena telat mengetahui ada rugi. Elisa menyebutkan, yang tersering terjadi ialah membuat di aliran air.

Ini terjadi di kasus pelanggaran yang dilaporkannya. Di mana beberapa karyawan konstruksi tutup gang tembusan Jalan Purworejo dan Jalan Rembang yang berada di samping kanan konstruksi bangunan. Menurut Elisa, jalanan dengan panjang 40 mtr. dan lebar 190 cm itu menembus dengan aliran air di bawah gang dan benar-benar signifikan.

Project Konstruksi Rumah di Menteng Makan Jalan Public, Ini Resikonya Menurut Ahli.

Project Konstruksi Rumah di Menteng Makan Jalan Public, Ini Resikonya Menurut Ahli.

Karena menyalurkan air dari block perumahan itu ke saluran di utara/Purworejo/taman; junction-nya di taman kecil pas ada di belakang gang. Jika itu tersumbat, air kembali ke pemukiman,” katanya.

Gang yang ditutup itu adalah type brand-gang. Maknanya, jalan untuk pemadam kebakaran seperti truk penyemprot. Di ujung luar gang atau pinggir Jalan Purworejo itu semestinya truk pemadam bisa stop. Lantas petugas bisa salurkan selang air melalui gang tembusan tersebut.

Karena, gang-gang lain disekelilingnya seperti Jalan Rembang, Pati, Juana, dan lain-lain tidak dapat dimasuki oleh mobil pemadam kebakaran. Karena itu, akan bahaya bila gang menembus itu ditutup.

“Maka bila gang itu ditutup semaunya, maka mencelakakan semua penghuni ada di belakang Purworejo, bila sampai terjadi kebakaran,” katanya